|
Judul
|
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN PADA CV.
RUMAH VERA
|
|
Jurnal
|
SISTEM INFORMASI
|
|
Volume & Halaman
|
Vol. 5 Hal. 410-420
|
|
Penulis
|
Sugiarto Hartono
|
|
Reviewer
|
Anggia Garnita Rosandi (10116865)
|
|
Tanggal
|
1 Juni 2014
|
|
Abstrak
|
Jurnal yang berjudul ‘Pengembangan Sistem Informasi
Pemasaran Pada CV. Rumah Vera’ ini berisi tentang penerapan Sistem Informasi
yang diterapkan oleh CV. Rumah Vera, dalam hal ini Perusahaan ini mulai
menyadari bahwa penerapan sistem informasi sangat penting dalam upaya
pengembangan bisnisnya. Rumah Vera membutuhkan sebuah sistem yang
memanfaatkan teknologi informasi yang dapat mencatat seluruh transaksi bisnis
yang berkaitan dengan sistem informasi pemasaran. Metodologi perancangan yang
digunakan adalah metodologi Agile dengan pendekatan object oriented.
Abstrak yang disajikan dalam jurnal ini hanya
menggunakan dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, bahasa yang
digunakannya pun sangat mudah untuk dipahami oleh pembaca, namun menurut saya
abstrak dalam jurnal ini tidak langsung menuju ke topik pembahasan CV. Rumah
Vera tersebut, namun secara keseluruhan abstrak dalam jurnal ini sangat baik.
|
|
Pendahuluan
|
Didalam paragraf pertama penulis menegaskan jika di
era globalisasi sekarang perusahaan semakin berlomba lomba untuk memberikan
yang terbaik ke konsumen mereka sehingga mereka harus berusaha membuat hal
hal yang lebih baru lagi, tentunya ini bukanlah hal yang mudah pasti didalam
menghadapi persaingan ingin, karena sudah banyak sekali perusahaan yang
bertransformasi menjadi perusahaan maju yang berlandaskan tekonoligi
informasi yang terintegrasi, saya sendiri sangat setuju dengan apa yang
ditegaskan dalam paragraf pertama ini, perusahaan memang harus saling
berlomba lomba untuk membeikan inovasi yang terbaru, selanjutnya di paragraf
kedua penulis menjelaskan tentang pengertian Sistem Informasi, dan didalam
perusahaan sangat dibutuhkan Sistem Informasi untuk dapat meningkatkan daya
saing serta produktivitas agar dapat meningkatkan efektivitas proses bisnis
perusahaan dan meningkatkan kepuasan pelanggan dan menurut saya pada paragraf
kedua ini hampir sama dengan paragraf pertama yaitu menjelaskan tentang
bagaimana cara perusahaan supaya bisa bersaing dipasar
Menurut penulis ‘Penggunaan database’ adalah salah
satu konsep yang dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat, pada paragraf
selanjutnya penulis baru masuk ke inti topik pembicaraan yaitu CV. Rumah
Vera, CV. Rumah Vera sendiri merupakan suatu perusahaan yang begerak dalam
bidang usaha penjualan dan pemasaran property rumah, karena perusahaan ini
dalam melakukan penjualan ruamh yang dipasarkan masih menggunakan sistem
manual dengan menggunakan banyak kertas tentu menurut saya itu
bukanlah cara yang efektif dan pasti menghasilkan banyak limbah nantinya
sehingga pada paragraf ini penulis sangat memberikan sesuatu yang berguna
bagi CV. Rumah Vera ini. Manfaat penelitian ini adalah menghasilkan sebuah
rancangan sistem yang dapat menghasilkan laporan yang dapat digunakan oleh
pihak manajemen untuk keperluan strategis.
|
|
Metode
|
Dalam jurnal ini metode yang digunakan adalah Metode
Pengumpulan Data dan Metode Pengembangan Sistem Informasi. Metode Pengumpulan
Data dilakukan melalui:
(1)Observasi; melakukan survei lapangan, pengamatan
pada CV. Rumah Vera untuk mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan
untuk merancang sistem informasi.
(2) Wawancara; melakukan sesi tanya jawab kepada
pihak CV. Rumah Vera untuk mengetahui proses bisnis yang berjalan, melakukan
analisis masalah, serta untuk mengidentifikasi kebutuhan user.
(3) Studi Kepustakaan; mengumpulkan informasi yang
berasal dari buku dan jurnal yang mendukung, berhubungan, serta berguna dalam
penelitian ini.
Menurut saya ketiga metode ini sangatlah baik untuk
dilakukan dengan hanya melakukan tiga cara kita sudah dapat mengambil
keputusan, hanya saja kelemahannya mungkin pada pengambilan keputusan ini,
kita tidak akan selalu mendapat keputusan yang baik untuk kedepannya, tapi metode
ini cukup efektif untuk penelitian ini.
Metode selanjutnya adalah Metode Pengembangan Sistem
Informasi yang dilakukan adalah analisis sistem pada data-data yang diperoleh
dengan menggunakan metode Agile berorientasi objek. Agile methodology itu
sendiri merupakan salah satu metodologi untuk melakukan problem solving dan
membutuhkan adanya peran serta partisipasi seluruh stakeholder (Forster &
Brocco, 2008). Stakeholder dalam hal ini adalah pihak pengembang sistem dan
pihak perusahaan CV. Rumah Vera. Analisis sistem dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan Object-Oriented, di mana untuk penggambaran model
analisis menggunakan notasi grafis UML (Satzinger, 2012). Untuk merancang
tampilan antarmuka pengguna menggunakan prinsip perancangan user interface
(Dennis, Wixom, & Roth, 2013), cara ini sangat efektif dan sangat
inovatif karena ini bisa membuat perusahaan bisa bersaing dengan perusahaan
maju yang lainnya karena metode ini bukan metode tradisional yang digunakan
oleh CV. Rumah Vera sebelumnya.
|
|
Hasil dan Pembahasan
|
Proses yang dulu dilakukan oleh CV. Rumah Vera ini
adalah dengan menyebar brosur, kemudian jika calon pembeli tertarik dengan
brosur yang disebarkan oleh CV. Rumah Vera ini, calon pembeli akan
menghubungi dengan melalui telfon, dan buku tamu yang digunakan
nya pun masih berupa buku yang digunakan secara manual, menurut saya cara ini
sangat tidak efektif digunakan terkadang di zaman sekarang orang malas
membaca brosur dan untuk menelfon kadang ada orang yang tidak mau
mengeluarkan pulsa nya untuk menelfon, buku tamu nya pun masih diisi manual
sangat rentan sekali dengan kesalahan.
Selanjutnya Calon pembeli berminat diwajibkan
membayar booking fee sebagai tanda jadi. Besaran nilai booking fee ini
sebesar Rp.500.000,00 dan calon pembeli akan mendapatkan bukti pemesanan
berupa kuitansi booking dan Surat Pemesanan Rumah (SPR). Setelah melakukan
booking fee, 1-2 hari kemudian calon pembeli akan dihubungi oleh petugas
marketing guna mengkonfirmasi data-data dan membantu pembeli dalam melengkapi
persyaratan dan data penunjang yang dibutuhkan. Dan selambat-lambatnya dalam
waktu dua minggu dari tanggal booking, semua berkas dan kelengkapan
persyaratan KPR tersebut sudah harus diserahkan.
Syarat bagi calon pembeli yang ingin membeli rumah
dengan KPR adalah belum memiliki rumah. Marketing akan membawa SPR dan
berkas-berkas persyaratan pembeli ke developer. Kemudian, berkas tersebut dan
SPR akan diberikan developer ke bank. Lalu bank akan mengundang pembeli untuk
mengikuti proses interview (wawancara), sebagai prosedur pengajuan kredit.
Undangan wawancara diberikan kepada calon pembeli maksimal dua hari sebelum
diselenggarakan.
Setelah calon pembeli dinilai layak untuk menerima
Fasilitas pinjaman KPR, maka pihak bank akan menerbitkan SP3K (Surat Penegasan
Persetujuan Pemberian Kredit), di mana di dalam SP3K ini akan muncul jumlah
kredit yang disetujui, jangka waktu kredit, nilai angsuran, termasuk biaya
yang timbul dari proses pengajuan KPR. Setelah SP3K, selanjutnya pembeli
harus melunasi uang muka, hook, biaya strategis dan lain-lain. Sesuai dengan
ketentuan dalam pricelist dan harga jual pada brosur, pembeli mempunyai
kewajiban melunasi uang muka pembelian rumah tersebut beserta biaya-biaya
lain (Biaya Proses KPR, Biaya Strategis, dan
sebagainya) sesuai dengan jadwal pembayaran yang telah pembeli sepakati dalam
Surat Pemesanan Rumah (SPR) dengan pihak bank.
Saat ini sistem yang digunakan CV. Rumah Vera dalam
seperti pendaftaran marketing dan pencatatan komisi marketing masih
menggunakan kertas. Staf marketing akan mendapatkan komisi setiap bulan.
Besarnya komisi marketing sebesar Rp350.000,00 untuk setiap rumah yang
berhasil mereka jual. Direktur CV. Rumah Vera melakukan pengecekan stok rumah menggunakan
kertas, dengan menerima denah perumahan serta blok-blok yang ada dari pihak
developer. Admin akan menandai rumah-rumah yang sudah terjual dengan menamai
setiap rumah di dalam gambar tersebut dengan nama pembelinya. Pada proses ini
admin akan menginput daftar rumah yang didapatkan dari para developer yang
bekerja sama dengan perusahaan.
Masalah yang terjadi pada proses lama CV. Rumah Vera
ini adalah terlalu banyak menggunakan kertas, sehingga membutuhkan waktu yang
sangat lama untuk mengisi dan memindahkan data pembelinya.
Dari hasil temuan masalah pada proses bisnis
berjalan CV. Rumah Vera, maka diusulkan sebuah proses bisnis yang dapat
mengatasi permasalahan yang dihadapi CV. Rumah Vera, adalah dengan
menggunakan aplikasi untuk memudahkan admin menjalankan tugasnya sehingga
waktu yang dibutuhkan tidak selama dengan cara yang dilakukan sebelumnya,
Sistem Informasi CV.Rumah Vera akan digunakan pola Centralized karena CV.
Rumah Vera hanya terfokus di satu tempat. Software yang digunakan oleh CV.
Rumah Vera adalah Single Tier. Keuntungan dari aplikasi Single Tier adalah
kesederhanaan, performance yang tinggi, dan mendukung integritas data.
Di dalam merancang user interface perlu diperhatikan
mengenai segi tata letak, konten estetika, user experience, dan konsistensi
(Dennis, Wixom, & Roth, 2013). Prinsip inilah yang digunakan sebagai
acuan dalam merancang user interface untuk sistem informasi pemasaran pada
CV. Rumah Vera.
istem yang akan diimplementasikan memiliki integrity
control yang berfungsi untuk memastikan bahwa data hanya dapat diakses oleh
user yang memang menjadi tujuan dibuatnya sistem tersebut. Sistem memiliki
input integrity control yang memastikan bahwa data yang dimasukkan adalah
benar. Jika ada satu atau beberapa field yang kosong, maka data
tidak akan dimasukkan ke dalam sistem dan sistem akan meminta user untuk
mengisi field yang kosong.
Database memiliki integrity control seperti time
stamp yang berguna untuk menyesuaikan waktu data dimasukkan sesuai dengan jam
server. Output didesain agar sesuai dengan kebutuhan user dan memiliki
integrity control seperti jam output dicetak. Sistem memiliki security
control untuk menjaga agar data tidak diakses oleh yang tidak berkepentingan
seperti metode akses sistem yang menggunakan username dan password. Dengan
adanya verifikasi user ini maka diharapkan tidak ada data yang diakses oleh
user yang tidak berkepentingan. Strategi implementasi sistem yang digunakan
adalah cut-over, karena teknik ini memberhentikan sistem yang lama dan semua
sistem menggunakan sistem yang baru.
Pada pembahasan ini saya sangat setuju dengan apa
yang di usulkan oleh penulis cara ini menurut saya sangat membantu CV. Rumah
Vera untuk menjalankan perusahaan nya dengan waktu yang relatif cepat dan
tidak bertele-tele, dan menghasilkan sesuatu yang baru sehingga CV. Rumah
Vera mampu bersaing dengan perusahaan perusahaan lain yang sudah menerapkan
metode ini sebelumnya.
Dan dalam sub pokok pembahasan diatas penulis
menjelaskan dengan sangat rinci bagaimana penelitian tersebut
dilaksanakan, menggunakan metode-metode yang telah disebutkan diatas. Pembahasan yang dilakukan oleh penulis sangat mudah
untuk dipahami maksud dan tujuannya oleh pembaca .
|
|
Simpulan
|
Pada bagian Simpulan penulis menjelaskan bahwa
pemanfaatan Sistem Informasi untuk sebuah perusahaan sangatlah penting, dan
penulis juga mengkarapkan jika apa yang dia sampaikan bisa mempunyai
keutungan bukan hanya untuk CV. Rumah Vera namun juga untuk perusahaan
lainnya, dan Dengan sistem informasi yang berbasis pada aplikasi yang
terintegrasi dan menggunakan database, diharapkan proses bisnis yang berjalan
menjadi lebih efektif dari segi waktu dan efisien dari segi biaya.
|
|
Kelebihan
|
1. Bahasa yang digunakan oleh penulis sangat mudah
untuk dipahami oleh pembaca
2. Penulis memberikan pembahasan yang efektif
dilakukan oleh perusahaan, sehingga membuat proses bisnis menjadi lebih
efektif dari segi waktu dan efisien dari segi biaya
|
|
Kekurangan
|
1. Metode yang dilakukan harus menggunakan aplikasi,
mungkin saja ada perusahaan yang tidak dengan mudah menjalakan aplikasi, atau
mungkin saja konsumen tidak bisa menjalankan aplikasi karena terbiasa dengan
cara manual
2. penulis kurang detail dalam memberikan hasil yang
didapat dalam melakukan penelitiannya.
|
|
Daftar Pustaka
|
Connolly, T., Begg, C. (2005). Database System: A
Practical Approach to Design, Implementation, and Management. (4th Edition).
Harlow, England: Addison Wesley
Dennis, A., Wixom, BH., Roth, RM. (2013). System
Analysis and Design. (5th Edition). Singapore.
Forster, F., Brocco, M. (2008) Understanding
Creativity-Technique Based Problem Solving Processes. In Lovrek, I., Howlett,
R.J., Jain, L.C. International Conference on Knowledge-Based Intelligent
Information and Engineering Systems, 5178
Kotler, P. (2004). Manajemen Pemasaran. Edisi
Millenium. PT. Prenhallinda, Jakarta
______ . (2006). Marketing Management. (12th
Edition). Prentice Hall.
Markus, M. L., Majchrzak, A., Gasser, L. (2006) A
Design Theory for Systems that Support Emergent Knowledge Processes. MIS
Quarterly, 26, 179-212.
Satzinger, J W., Jackson, R.B., Burd, S.D. (2005).
Object-Oriented Analysis and Design with Unified Process. USA: Cengage Learning.
______ . (2012). System Analysis and Design in A
Changing World. USA: Cengage Learning.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar