Jumat, 22 Juni 2018

Review Jurnal PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN PADA CV. RUMAH VERA

Judul
PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PEMASARAN PADA CV. RUMAH VERA
Jurnal
SISTEM INFORMASI
Volume & Halaman
Vol. 5 Hal. 410-420
Penulis
Sugiarto Hartono
Reviewer
Anggia Garnita Rosandi (10116865)
Tanggal
1 Juni 2014

Abstrak
Jurnal yang berjudul ‘Pengembangan Sistem Informasi Pemasaran Pada CV. Rumah Vera’ ini berisi tentang penerapan Sistem Informasi yang diterapkan oleh CV. Rumah Vera, dalam hal ini Perusahaan ini mulai menyadari bahwa penerapan sistem informasi sangat penting dalam upaya pengembangan bisnisnya. Rumah Vera membutuhkan sebuah sistem yang memanfaatkan teknologi informasi yang dapat mencatat seluruh transaksi bisnis yang berkaitan dengan sistem informasi pemasaran. Metodologi perancangan yang digunakan adalah metodologi Agile dengan pendekatan object oriented.

Abstrak yang disajikan dalam jurnal ini hanya menggunakan dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, bahasa yang digunakannya pun sangat mudah untuk dipahami oleh pembaca, namun menurut saya abstrak dalam jurnal ini tidak langsung menuju ke topik pembahasan CV. Rumah Vera tersebut, namun secara keseluruhan abstrak dalam jurnal ini sangat baik.
Pendahuluan
Didalam paragraf pertama penulis menegaskan jika di era globalisasi sekarang perusahaan semakin berlomba lomba untuk memberikan yang terbaik ke konsumen mereka sehingga mereka harus berusaha membuat hal hal yang lebih baru lagi, tentunya ini bukanlah hal yang mudah pasti didalam menghadapi persaingan ingin, karena sudah banyak sekali perusahaan yang bertransformasi menjadi perusahaan maju yang berlandaskan tekonoligi informasi yang terintegrasi, saya sendiri sangat setuju dengan apa yang ditegaskan dalam paragraf pertama ini, perusahaan memang harus saling berlomba lomba untuk membeikan inovasi yang terbaru, selanjutnya di paragraf kedua penulis menjelaskan tentang pengertian Sistem Informasi, dan didalam perusahaan sangat dibutuhkan Sistem Informasi untuk dapat meningkatkan daya saing serta produktivitas agar dapat meningkatkan efektivitas proses bisnis perusahaan dan meningkatkan kepuasan pelanggan dan menurut saya pada paragraf kedua ini hampir sama dengan paragraf pertama yaitu menjelaskan tentang bagaimana cara perusahaan supaya bisa bersaing dipasar

Menurut penulis ‘Penggunaan database’ adalah salah satu konsep yang dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat, pada paragraf selanjutnya penulis baru masuk ke inti topik pembicaraan yaitu CV. Rumah Vera, CV. Rumah Vera sendiri merupakan suatu perusahaan yang begerak dalam bidang usaha penjualan dan pemasaran property rumah, karena perusahaan ini dalam melakukan penjualan ruamh yang dipasarkan masih menggunakan sistem manual dengan  menggunakan banyak kertas tentu menurut saya itu bukanlah cara yang efektif dan pasti menghasilkan banyak limbah nantinya sehingga pada paragraf ini penulis sangat memberikan sesuatu yang berguna bagi CV. Rumah Vera ini. Manfaat penelitian ini adalah menghasilkan sebuah rancangan sistem yang dapat menghasilkan laporan yang dapat digunakan oleh pihak manajemen untuk keperluan strategis.
Metode
Dalam jurnal ini metode yang digunakan adalah Metode Pengumpulan Data dan Metode Pengembangan Sistem Informasi. Metode Pengumpulan Data dilakukan melalui:
(1)Observasi; melakukan survei lapangan, pengamatan pada CV. Rumah Vera untuk mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan untuk merancang sistem informasi.
(2) Wawancara; melakukan sesi tanya jawab kepada pihak CV. Rumah Vera untuk mengetahui proses bisnis yang berjalan, melakukan analisis masalah, serta untuk mengidentifikasi kebutuhan user.
(3) Studi Kepustakaan; mengumpulkan informasi yang berasal dari buku dan jurnal yang mendukung, berhubungan, serta berguna dalam penelitian ini.
Menurut saya ketiga metode ini sangatlah baik untuk dilakukan dengan hanya melakukan tiga cara kita sudah dapat mengambil keputusan, hanya saja kelemahannya mungkin pada pengambilan keputusan ini, kita tidak akan selalu mendapat keputusan yang baik untuk kedepannya, tapi metode ini cukup efektif untuk penelitian ini.

Metode selanjutnya adalah Metode Pengembangan Sistem Informasi yang dilakukan adalah analisis sistem pada data-data yang diperoleh dengan menggunakan metode Agile berorientasi objek. Agile methodology itu sendiri merupakan salah satu metodologi untuk melakukan problem solving dan membutuhkan adanya peran serta partisipasi seluruh stakeholder (Forster & Brocco, 2008). Stakeholder dalam hal ini adalah pihak pengembang sistem dan pihak perusahaan CV. Rumah Vera. Analisis sistem dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Object-Oriented, di mana untuk penggambaran model analisis menggunakan notasi grafis UML (Satzinger, 2012). Untuk merancang tampilan antarmuka pengguna menggunakan prinsip perancangan user interface (Dennis, Wixom, & Roth, 2013), cara ini sangat efektif dan sangat inovatif karena ini bisa membuat perusahaan bisa bersaing dengan perusahaan maju yang lainnya karena metode ini bukan metode tradisional yang digunakan oleh CV. Rumah Vera sebelumnya.
Hasil dan Pembahasan
Proses yang dulu dilakukan oleh CV. Rumah Vera ini adalah dengan menyebar brosur, kemudian jika calon pembeli tertarik dengan brosur yang disebarkan oleh CV. Rumah Vera ini, calon pembeli akan menghubungi dengan melalui telfon, dan   buku tamu yang digunakan nya pun masih berupa buku yang digunakan secara manual, menurut saya cara ini sangat tidak efektif digunakan terkadang di zaman sekarang orang malas membaca brosur dan untuk menelfon kadang ada orang yang tidak mau mengeluarkan pulsa nya untuk menelfon, buku tamu nya pun masih diisi manual sangat rentan sekali dengan kesalahan.

Selanjutnya Calon pembeli berminat diwajibkan membayar booking fee sebagai tanda jadi. Besaran nilai booking fee ini sebesar Rp.500.000,00 dan calon pembeli akan mendapatkan bukti pemesanan berupa kuitansi booking dan Surat Pemesanan Rumah (SPR). Setelah melakukan booking fee, 1-2 hari kemudian calon pembeli akan dihubungi oleh petugas marketing guna mengkonfirmasi data-data dan membantu pembeli dalam melengkapi persyaratan dan data penunjang yang dibutuhkan. Dan selambat-lambatnya dalam waktu dua minggu dari tanggal booking, semua berkas dan kelengkapan persyaratan KPR tersebut sudah harus diserahkan.
Syarat bagi calon pembeli yang ingin membeli rumah dengan KPR adalah belum memiliki rumah. Marketing akan membawa SPR dan berkas-berkas persyaratan pembeli ke developer. Kemudian, berkas tersebut dan SPR akan diberikan developer ke bank. Lalu bank akan mengundang pembeli untuk mengikuti proses interview (wawancara), sebagai prosedur pengajuan kredit. Undangan wawancara diberikan kepada calon pembeli maksimal dua hari sebelum diselenggarakan.

Setelah calon pembeli dinilai layak untuk menerima Fasilitas pinjaman KPR, maka pihak bank akan menerbitkan SP3K (Surat Penegasan Persetujuan Pemberian Kredit), di mana di dalam SP3K ini akan muncul jumlah kredit yang disetujui, jangka waktu kredit, nilai angsuran, termasuk biaya yang timbul dari proses pengajuan KPR. Setelah SP3K, selanjutnya pembeli harus melunasi uang muka, hook, biaya strategis dan lain-lain. Sesuai dengan ketentuan dalam pricelist dan harga jual pada brosur, pembeli mempunyai kewajiban melunasi uang muka pembelian rumah tersebut beserta biaya-biaya
lain (Biaya Proses KPR, Biaya Strategis, dan sebagainya) sesuai dengan jadwal pembayaran yang telah pembeli sepakati dalam Surat Pemesanan Rumah (SPR) dengan pihak bank.

Saat ini sistem yang digunakan CV. Rumah Vera dalam seperti pendaftaran marketing dan pencatatan komisi marketing masih menggunakan kertas. Staf marketing akan mendapatkan komisi setiap bulan. Besarnya komisi marketing sebesar Rp350.000,00 untuk setiap rumah yang berhasil mereka jual. Direktur CV. Rumah Vera melakukan pengecekan stok rumah  menggunakan kertas, dengan menerima denah perumahan serta blok-blok yang ada dari pihak developer. Admin akan menandai rumah-rumah yang sudah terjual dengan menamai setiap rumah di dalam gambar tersebut dengan nama pembelinya. Pada proses ini admin akan menginput daftar rumah yang didapatkan dari para developer yang bekerja sama dengan perusahaan.

Masalah yang terjadi pada proses lama CV. Rumah Vera ini adalah terlalu banyak menggunakan kertas, sehingga membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mengisi dan memindahkan data pembelinya.

Dari hasil temuan masalah pada proses bisnis berjalan CV. Rumah Vera, maka diusulkan sebuah proses bisnis yang dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi CV. Rumah Vera, adalah dengan menggunakan aplikasi untuk memudahkan admin menjalankan tugasnya sehingga waktu yang dibutuhkan tidak selama dengan cara yang dilakukan sebelumnya, Sistem Informasi CV.Rumah Vera akan digunakan pola Centralized karena CV. Rumah Vera hanya terfokus di satu tempat. Software yang digunakan oleh CV. Rumah Vera adalah Single Tier. Keuntungan dari aplikasi Single Tier adalah kesederhanaan, performance yang tinggi, dan mendukung integritas data. 

Di dalam merancang user interface perlu diperhatikan mengenai segi tata letak, konten estetika, user experience, dan konsistensi (Dennis, Wixom, & Roth, 2013). Prinsip inilah yang digunakan sebagai acuan dalam merancang user interface untuk sistem informasi pemasaran pada CV. Rumah Vera.
istem yang akan diimplementasikan memiliki integrity control yang berfungsi untuk memastikan bahwa data hanya dapat diakses oleh user yang memang menjadi tujuan dibuatnya sistem tersebut. Sistem memiliki input integrity control yang memastikan bahwa data yang dimasukkan adalah benar. Jika ada satu atau beberapa field  yang kosong, maka data tidak akan dimasukkan ke dalam sistem dan sistem akan meminta user untuk mengisi field yang kosong.

Database memiliki integrity control seperti time stamp yang berguna untuk menyesuaikan waktu data dimasukkan sesuai dengan jam server. Output didesain agar sesuai dengan kebutuhan user dan memiliki integrity control seperti jam output dicetak. Sistem memiliki security control untuk menjaga agar data tidak diakses oleh yang tidak berkepentingan seperti metode akses sistem yang menggunakan username dan password. Dengan adanya verifikasi user ini maka diharapkan tidak ada data yang diakses oleh user yang tidak berkepentingan. Strategi implementasi sistem yang digunakan adalah cut-over, karena teknik ini memberhentikan sistem yang lama dan semua sistem menggunakan sistem yang baru. 

Pada pembahasan ini saya sangat setuju dengan apa yang di usulkan oleh penulis cara ini menurut saya sangat membantu CV. Rumah Vera untuk menjalankan perusahaan nya dengan waktu yang relatif cepat dan tidak bertele-tele, dan menghasilkan sesuatu yang baru sehingga CV. Rumah Vera mampu bersaing dengan perusahaan perusahaan lain yang sudah menerapkan metode ini sebelumnya.

Dan dalam sub pokok pembahasan diatas penulis menjelaskan dengan sangat rinci   bagaimana penelitian tersebut dilaksanakan, menggunakan metode-metode yang telah disebutkan diatas. Pembahasan yang dilakukan oleh penulis sangat mudah untuk dipahami maksud dan tujuannya oleh pembaca .
Simpulan
Pada bagian Simpulan penulis menjelaskan bahwa pemanfaatan Sistem Informasi untuk sebuah perusahaan sangatlah penting, dan penulis juga mengkarapkan jika apa yang dia sampaikan bisa mempunyai keutungan bukan hanya untuk CV. Rumah Vera namun juga untuk perusahaan lainnya, dan Dengan sistem informasi yang berbasis pada aplikasi yang terintegrasi dan menggunakan database, diharapkan proses bisnis yang berjalan menjadi lebih efektif dari segi waktu dan efisien dari segi biaya.
Kelebihan
1. Bahasa yang digunakan oleh penulis sangat mudah untuk dipahami oleh pembaca
2. Penulis memberikan pembahasan yang efektif dilakukan oleh perusahaan, sehingga membuat proses bisnis menjadi lebih efektif dari segi waktu dan efisien dari segi biaya
Kekurangan
1. Metode yang dilakukan harus menggunakan aplikasi, mungkin saja ada perusahaan yang tidak dengan mudah menjalakan aplikasi, atau mungkin saja konsumen tidak bisa menjalankan aplikasi karena terbiasa dengan cara manual
2. penulis kurang detail dalam memberikan hasil yang didapat dalam melakukan penelitiannya.
Daftar Pustaka
Connolly, T., Begg, C. (2005). Database System: A Practical Approach to Design, Implementation, and Management. (4th Edition). Harlow, England: Addison Wesley 

Dennis, A., Wixom, BH., Roth, RM. (2013). System Analysis and Design. (5th Edition). Singapore.

Forster, F., Brocco, M. (2008) Understanding Creativity-Technique Based Problem Solving Processes. In Lovrek, I., Howlett, R.J., Jain, L.C. International Conference on Knowledge-Based Intelligent Information and Engineering Systems, 5178

Kotler, P. (2004). Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium. PT. Prenhallinda, Jakarta

______ . (2006). Marketing Management. (12th Edition). Prentice Hall.

Markus, M. L., Majchrzak, A., Gasser, L. (2006) A Design Theory for Systems that Support Emergent Knowledge Processes. MIS Quarterly, 26, 179-212.

Satzinger, J W., Jackson, R.B., Burd, S.D. (2005). Object-Oriented Analysis and Design with Unified Process. USA: Cengage Learning.

______ . (2012). System Analysis and Design in A Changing World. USA: Cengage Learning.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar